Teknik Sipil ITN Malang Pelajari Rekayasa Geoteknik Dengan Applikasi PLAXIS

ITNMALANGNEWS.COM – Teknologi applikasi untuk memudahkan analisa proyek pembangunan kian berkembang dihampir semua bidang, termasuk teknik sipil. Tak mau ketinggalan, mahasiswa Teknik Sipil Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang menggelar workshop applikasi program Plaxis dalam rekayasa geoteknik. “Kegiatan semacam ini rutin kami lakukan, tahun lalu kami menggelar workshop Vissim, di mana dengan software ini dapat merancang ulang lalu lintas, nah sekarang Plaxis,” terang Alex S. Rahalus, koordinator acara saat ditemui di Kampus I ITN Malang, Kamis (19/4).

Teknik-Sipil-ITN-Malang -Pelajari-Rekayasa-Geoteknik-Dengan-Applikasi-PLAXIS

Pemuda yang akrab disapa Alex tersebut menjelaskan bahwa software Plaxis ini tergolong baru bagi kalangan mahasiswa Kota Malang. Bahkan kampus biru merupakan perguruan tinggi pertama yang mempelajari applikasi ini. Adapun kegunaan applikasi tersebut adalah untuk mengukur lereng tanah apakah sudah cocok atau tidak untuk dibangun. Maka jika tidak cocok akan dilakukan perbaikan sebagaimana disarankan melalui analisasi Plaxis. “Misalnya, membangun di tempat yang miring, Plaxis akan menganalisa sejauh mana timbunan akan dibuat,” tutur mahasiswa asal Maluku itu.

Baca: Workshop Mendeley untuk Pengelolaan Referensi Artikel Ilmiah Online

Baca: Geodesi ITN Malang Gelar Workshop 3D Geographic Information System Bagi Guru dan Dinas

Sementara dalam acara yang digelar selama dua hari tanggal 18-19 April tersebut diikuti oleh mahasiswa internal ITN Malang sendiri. Harapannya dari pelatihan ini akan ada mahasiswa yang terlatih dan menguasai Plaxis, sehingga ke depannya ITN Malang menjadi acuan bagi mahasiswa kampus-kampus di Malang untuk berlatih tentang penggunaan Plaxis. “Yang ikut ada 15 peserta dari Teknik Sipil, semoga mereka nanti menguasai dan dapat ditularkan pada yang lain,” kata dia. (her)

(Visited 91 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *