Prof. Dr. Siti Zubaibah: Pernyataan Peneliti Harus Bersetempel Basah

ITNMALANGNEWS.COM – Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang menyelenggarakan Training of Trainer (ToT), Rabu (23/8). Kegiatan ini merupakan upaya melahirkan para reviewer institusi yang handal dan bahkan jika perlu sebagai reviewer nasional. Dalam acara yang diselenggarakan di ruang sidang pasca sarjana tesrebut, hadir sebagai pembicara Dr. Ir. Siti Zubaidah, S.Pd, M.Pd.

Prof.Dr. ZubaidahPerempuan yang juga reviewer nasional tersebut menyatakan bahwa apa beberapa syarat untuk menjadi reviewer institusi, di antaranya: bergelar doktor, jabatan lektor, berpengalaman minimal dua kali sebagai ketua peneliti, berpengalaman di jurnal nasional dan internasional, dan berpengalaman di bidang seminar internasional. “Saya kira kalau dosen-dosen di LPPM sudah memenuhi semua syarat itu,” terang salah satu dosen Universitas Negeri Malang itu.

Dalam kesempatan itu, Zubaidah juga berbagi pengalaman selama dirinya menjadi reviewer. Menurutnya, ada persyaratan administrasi yang disediakan oleh dosen peneliti yang kadang dilupakan dan kurang diperhatikan, sehingga membuat review terhadap penelitiannya tidak diteruskan ke substasi penelitiannya. Kasus itu adalah tanda tangan dan setempel yang harus basah khususnya untuk pernyataan peneliti dan ketua LPPM. “Pengalaman dari 50 proposal yang saya review 20 di antaranya setempelnya discan, ini sudah tidak lolos administrasi. Pernyataan peneliti harus berstempel basah,” kata dia. (her)

(Visited 97 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *