Luar Biasa, ITN Malang Juara I Lomba Kapal Cepat Tak Berawak Nasional

ITNMALANGNEWS.COM – Tim U.A.R.T (Uber Alles Roboboard Team) 1 ITN Malang tampil luar biasa di ajang Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional (KKTCBN) yang diselenggarakan oleh DIKTI. Tak tanggung-tanggung tim kampus biru itu melibas semua peserta alias juara satu untuk kategori fuel engine. Kemenangan ini merupakan juara kedua bagi ITN Malang setelah sebelumnya pada 2013 lalu meraih juara III. “Ini adalah kemajuan yang luar biasa dari anak-anak mesin ITN Malang,” terang Dr. Ir. Lalu Mulyadi MT, Rektor ITN Malang saat jumpa pers menemani tim U.A.R.T 1 di ruang sidang rektorat.

luar-biasa-itn-malang-juara-i-lomba-kapal-cepat-tak-berawak-nasional

Kemenangan ini bukanlah sesuatu yang mudah bagi tim U.A.R.T I. Pasalnya, di kampus beralamat Jl. Sigura-gura itu tidak memiliki jurusan perkapalan. Para mahasiswa yang menjadi anggota tim semuanya jurusan teknik mesin. Namun demikian tidak membuat para mahasiswa kreatif tersebut patah arang. Mereka tak lelah belajar tentang kapal mencari secara browsing dan konsultasi ke para dosen. Pengalaman di tahun 2013 lalu memberinya banyak pengetahuan untuk meneliti lebih lanjut sehingga kapal yang dihasilkan betul-betul istimewa. “Desain kapal kami meneliti dari kapal terdahulu, kami mempelajarinya, melakukan penelitian, dan kami berkali-kali melakukan uji coba,” terang Kadek Budi Adnyana Putra, manajer tim U.A.R.T 1.

Dan ternyata, lanjut Kadek, keahlian mesin dari para mahasiswa inilah yang membuat timnya juara. Karena keterampilan dalam mesin, tim ini dapat mengotak-atik mesin kapal sehingga tangguh dalam bermanuver maupun maupun dalam drag. “Beberapa kapal lain baru turun ke air mesinnya mati. Dan rata mereka hanya sekali bermanuver. Sementara kami hingga lima kali manuver, mesin tetap tangguh tidak mati,” lanjut pemuda asal Bali tersebut.

Lomba yang bertema Rescue tersebut digelar di danau SIER Rungkut, Surabaya dengan penyelenggara Politeknik Perkapalan Negeri Suarabaya. Acara berlangsung antara tanggal 30 November hingga 2 Desember. Sementara para mahasiswa yang terlibat dalam tim U.A.R.T 1 yaitu: tim teknis di antaranya, Bambang Hermanto, Kadek Budi Adnyana Puta, Andreas Teguh Setyo Pambudi. Tim non teknis di antaranya: Ninar Merta Pangestu, Arif Ananjaya, dan Imam Mustakim.

Sekedar diketahui untuk juara 2 diraih oleh tim Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung dan juara 3 didapat oleh tim Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya. (her)

(Visited 152 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *