Kuliah Umum Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota, Sinergi Negara dan Perguruan Tinggi

ITNMALANGNEWS.COM – Agar memperoleh wawasan baru dari perspektif ahli, kegiatan perkuliahan dapat mengundang akademisi atau praktisi pada bidang yang bersangkutan. Satu dari sekian banyak kuliah umum yang dilaksanakan di Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang adalah Kuliah Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK), Jumat (07/12). Tidak tanggung-tanggung, pembicara yang diundang adalah Ir. Wisnubroto Sarosa, CES.M.Dev.Plg, Direktur Pengendalian dan Pemanfaatan Ruang.

Kuliah-Umum-Teknik-Perencanaan-Wilayah-dan-Kota-Sinergi-Negara-dan-Perguruan-Tinggi

Bertempat di Ruang Hidrolika ITN Malang, kuliah umum dengan tema “Pengendalian Pemanfaatan Ruang” ini dihadiri oleh mahasiswa, alumni, dan asosiasi yang bergerak di bidang PWK. Beragamnya status peserta salah satunya disebabkan oleh penyelenggaraan kuliah umum yang bekerja sama dengan Kementerian Agraria dan Tata Ruang. Pihak Kementerian menyebutkan bahwa bukan hanya mahasiswa yang membutuhkan materi yang hendak disampaikan.

Baca juga: Prof. Kemal Taruc, Kupas Ketahanan Perkotaan di PWK ITN Malang

Baca juga: Direktur Survei dan Pemetaan Tematik Kementerian ATR-BPN: Indonesia Kekurangan Surveyor Kadastral Berlisensi

Apabila dikelompokkan, penjelasan Wisnubroto terbagi menjadi filosofi dasar, operasionalisasi, objek, contoh penerapan, dan program peningkatan kualitas dan kapasitas. “Perencanaan Wilayah dan Kota penekanannya pada rencana, tetapi rencana sebenarnya meaningless apabila tidak berpikir tentang penerapan dan pengendaliannya,” jelasnya. (ata)

(Visited 61 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *