Kapal U.A.R.T. 1 ITN Malang Sabet Juara I KKCTBN 2018 di Sampang Madura

ITNMALANGNEWS.COM – Ubar Alles Roboboat Team 1 (U.A.R.T.) Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang berhasil meraih juara satu pada ajang Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional (KKCTBN) 2018 yang diselenggarakan di Politeknik Negeri Madura.

Tim-Kapal-U-A-R-T-ITN-Malang-Sabet-Juara-I-KKCTBN-2018-di-Sampang-Madura

“Tim kami beranggotakan tujuh orang, empat di tim teknis dan tiga di antaranya sebagai tim non teknis. Kami semua bersyukur bisa menang pada lomba tersebut walaupun kami sempat kebingungan karena kami baru dapat pengumuman lomba itu beberapa minggu lalu,” tukas Bambang Hermanto selaku manager tim, saat ditemui di kampus I, Rabu (21/11).

Bambang menjelaskan, setidaknya ada 45 tim dari berbagai perguruan tinggi bertanding dalam tiga ketagori, autonomous, electric dan fuel egine, sedangkan pihaknya sendiri memilih ketegori fuel egine. Menurutnya, lomba KKCTBN kali ini merupakan tantangan berat bagi timnya. Bagaimana tidak, ia harus menuntaskan desain perahu dan instalasinya dengan ukuran yang lebih kecil dari ukuran perahu yang pernah diikutsertakan pada lomba-lomba sebelumnya.

“Kami harus memutar otak untuk menyesuaikan ukuran mesin dengan instalasi perahunya. Pihak panitia menentukan ukuran 95 centimeter untuk panjangnya dengan kapasitas mesin 30cc,” tandas mahasiswa asal Lombok tersebut.

Baca juga: Kapal Jawara U.A.R.T 1 ITN Malang Dapat Diindustrikan Jika Pemerintah dan Korporasi Bekehendak

Baca juga: Selamat, Teknik Mesin S-1 ITN Malang Raih Akreditasi A

Lebih lanjut Bambang menambahkan, tim juri memberikan penilaian istimewa setelah tim kampus biru ini mampu mencetak rekor waktu tercepat dengan durasi 22 detik pada sesi drug race. “Kapal kami mampu melintasi rintangan bola-bola menuju bendera finish dan berhasil mencatat waktu tercepat,” pungkasnya.

Sementara itu Rektor ITN Malang, Dr.Ir. Lalu Mulyadi, MT., menyampaikan, apa yang telah diraih oleh tim U.A.R.T. 1 ITN Malang harus dipertahankan dan terus dikembangkan, karena sebelumnya roboboat ITN juga pernah meraih juara 1. Pihaknya akan memberikan apresiasi kepada anggota tim U.A.R.T. ITN dengan penghargaan khsusus. (mus)

(Visited 108 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *