Inovasi Dr.Ir. Kustamar, MT., sebagai Rektor Baru ITN Malang

ITNMALANGNEWS.COM – Sehari sebelum pelantikan sebagai Rektor Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang periode 2019-2023, Dr.Ir. Kustamar, MT., buka suara tentang program yang hendak dijalankannya, Rabu (27/08). Program besar yang menjadi prioritas adalah kolaborasi Tri Dharma Perguruan Tinggi yang tertuang dalam sistem yang lebih inovatif. Kustamar mencermati kebutuhan mahasiswa yang membutuhkan nilai lebih saat melangkah ke dunia kerja kelak.

Inovasi-Dr-Ir-Kustamar-MT-sebagai-Rektor-Baru-ITN-Malang

Kurikulum pendidikan vokasi ITN Malang disoroti oleh pria yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Rektor 1 ini. Ia merencanakan membuat program sarjana terapan yang fleksibel alias multi entry. “Mahasiswa harus lulus tepat waktu, tapi mereka bisa memilih mau lulus saat D2, D3, atau D4. Mahasiswa D2 dan D3 juga bisa masuk untuk melanjutkan ke D4,” jelasnya. ITN Malang juga merencanakan untuk membuka program studi S3 pada 2020. Secara bertahap, kelas internasional juga akan dibangun.

Sedangkan untuk kurikulum ITN Malang secara umum menggunakan model blended teori dan praktik. Realisasinya dapat berupa membangun lab skala industri dengan mengundang investor atau memanfaatkan jejaring dengan alumni. Selain itu, Kustamar menargetkan hilirisasi penelitian. “Kalau bisa jangan berhenti di publikasi, tapi sampai komersialisasi,” tukasnya. Ia turut mengimbau kepada dosen yang mengerjakan proyek eksternal dapat membuat buku ajar atau monograf sebagai referensi tambahan tentang bidang proyek tersebut.

Baca juga: Membangun Candi Sapto Argo, Filosofi Pewayangan untuk 50 Tahun ITN Malang

Baca juga: Prihatin Curah Hujan Tinggi, Pakar ITN Malang Suarakan Sumur Resapan

Sistem pembelajaran yang mengutamakan proses berkontribusi dalam membangun karakter mahasiswa. Pembelajaran tidak hanya didapat dari perkuliahan, tapi juga kegiatan mahasiswa. “Empat karakter yang harus dimiliki adalah disiplin, jujur, inovatif, dan percaya diri, sehingga mahasiswa butuh kegiatan kemahasiswaan sebagai pendamping kurikulum. Karena tujuan kami di ITN Malang adalah kompeten di hard skill dan soft skill,” ujar Kustamar. (ata)

(Visited 262 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *