Cara Membuat Sabun Cuci Piring Cair Sederhana

ITN Malang News – Informasi cara membuat sabun cuci piring cair sederhana banyak dijumpai di internet, mengingat sebenarnya membuat sabun cuci piring sangatlah mudah dan dapat menghemat pengeluaran. Jika anda terbiasa mengurus rumah tangga, cucian di dapur seolah-olah tidak pernah habis. Selesai satu akan muncul lagi yang lain. Itulah sebabnya sabun cuci piring menjadi begitu penting. Memang, sebaiknya kita tidak menggunakan deterjen pakaian untuk mencuci perlatan makan, karena akan menimbulkan residu yang besar. Agar lebih hemat, anda dapat membuat sabun cuci piring cair secara sederhana sendiri dirumah.

membuat-sabun-cuci-piring-cair-sederhana

Bahan yang dibutuhkan dapat anda beli di toko kimia. Membuat sabun cuci piring cair sederhana tidak membutuhkan cara yang rumit dan bahannya pun mudah diperoleh dengan harga yang relative murah. Untuk membuat sabun cuci piring cair kita membutuhkan antara lain Texapon, sodium sulfat, camperlan, asam sitrid, EDTA, parfum, propilin glikol dan pewarna. Texapon adalah zat yang berbentuk gel dan berfungsi untuk mengangkat kotoran. Texapon memiliki nama kimia Sodium Lauril Sulfat (SLS). Formula untuk membuat sabun cuci piring cair sederhana secara umum texapon 10 %, asam sitrid 1 %, EDTA 0,1%. Sedangkan untuk bahan yang lainnya jumlahnya relatif atau secukupnya saja.

Cara membuat sabun cuci piring cair sederhana cukup mudah. Pertama campurkan texapon dan sodium sulfat sambil diaduk sampai memutih. Selanjutnya masukkan air bersih sedikit-demi sedikit sambil terus diaduk hingga kira-kira 50% nya. Selanjutnya masukkan camperlan dan terus diaduk sampai merata, tambahakan air (lagi) kira-kira 20 % dari volume campuran. Selanjutnya masukkan camperlan dan bahan lainnya satu persaru dimasukkan sedikit demi sedikit hingga terlihat mengental sambil terus diaduk. Terakhir campurkan pewarna dan parfum secukupnya hingga semua tercampur rata betul dan dapat langsung siap digunakan.

Mudah bukan cara membuat sabun cuci piring cair sederhana. Tidak perlu alat yang rumit dan teknik yang njlimet. Anda dengan mudah segera dapat melakukannya sendiri dirumah. Selamat mencoba..!!

(Visited 27,588 times, 6 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

4 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *