Berjumpa dan Berbagi dalam International Student Summits 2018

ITNMALANGNEWS.COM  – Sebanyak 144 delegasi mahasiswa internasional dari 45 negara yang menempuh studi di berbagai kampus di Indonesia berkumpul dalam International Student Summits (ISS) 2018. Kegiatan bertemakan “Kesetaraan, Kesatuan, dan Keanekaragaman: Bersama Kita Mengakhiri Intoleransi” digelar di Universitas Negeri Malang (UM), Jumat-Minggu (28-30/11). Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang dengan sekitar 60 mahasiswa internasional mengirimkan Gilman da Silva Godinho sebagai delegasi.

Berjumpa-dan-Berbagi-dalam-International-Student-Summits-2018

Dr. Gatot Susanto, MM, M.Pd., dan salah satu mahasiswa internasional, Shadi Emad, asal Palestina yang menempuh studi di UM menyambut para peserta dan menyampaikan penjelasan seputar ISS. Tidak kalah penting, saat gala dinner, Kemenristekdikti turut memberikan penjelasan seputar surat izin belajar. Acara semakin meriah saat diadakan lomba karaoke, orasi bahasa lokal (daerah), dan poster. “Ada tiga kategori karaoke, yakni lagu pop, dangdut, dan lagu daerah. Saya menyanyikan lagu Sayang,” ujar mahasiswa asal Timor Leste ini.

Esok harinya, semua peserta mengikuti rafting di Kasembon. Tidak hanya itu, mereka juga bermain outbond dengan permainan tradisional Indonesia agar mereka lebih mengenal Indonesia serta saling kenal satu sama lainnya.

Baca juga: Kepala LLDIKTI Wilayah VII Jatim: Raport ITN Malang Naik, Tempati Rangking Pertama PTS Kategori Institut

Baca juga: Wisudawan Terbaik ITN Malang – Mahasiswa Timur Leste

Sebagai delegasi ISS, Gilman berencana mengadakan forum mahasiswa internasional ITN Malang dalam waktu dekat. Terlebih lagi beberapa waktu sebelumnya, tiga mahasiswa internasional ITN juga diundang sosialisasi tentang ijin tinggal di kantor imigrasi Malang. Forum mahasiswa internasional ITN ini nantinya berfungsi sebagai wadah sosialisasi hasil kegiatan-kegiatan seputar mahasiswa internasional. Karena pentingnya informasi tersebut, Gilman berharap semua mahasiswa internasional dan karyawan terkait dapat hadir. (ata)

(Visited 72 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *