Bangkitnya UKM Jujitsu di ITN Malang

ITNMALANGNEWS.COM – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Jujitsu Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang bangkit setelah vakum selama beberapa tahun. Atas prakarsa Rektor ITN Malang, Dr.Ir. Lalu Mulyadi, MT., sekaligus sebagai pembina, September 2017 UKM ini mulai kembali berlatih. Pada awal kebangkitannya, latihan jujitsu hanya diikuti oleh pelatih, satpam Mulyadi, dosen Ibu Wilis, dan satu mahasiswa bernama Gilman da Silva Godinho. Baru setelah itu satu persatu mahasiswa mulai bergabung.

Bangkitnya-UKM-Jujitsu-di-ITN-Malang

Usai berkesempatan tampil di depan mahasiswa baru, UKM Jujitsu mendapatkan 15 anggota dari mahasiswa angkatan 2017. Tidak berhenti di sana, UKM Jujitsu mulai berpartisipasi dalam perlombaan. Lomba pertama yang diikuti adalah turnamen nasional di Ponorogo, pada bulan April 2018. Tiga mahasiswa bertanding tetapi belum berhasil menjadi juara, hanya bisa membawa juara harapan satu.

Selang dua bulan, mereka kembali mengikuti Porkab di Batu. Enam mahasiswa bertanding dan lima di antaranya mendapatkan juara di kelas masing-masing. Agustus 2018, satu mahasiswa ikut, turnamen nasional di Surabaya. “Untuk turnamen nasional di Surabaya, kami mendapat sponsor dari dojo Sananta Dharma di Blimbing,” ujar Gilman da Silva Godinho, ketua UKM Jujitsu.

Tak lama berselang di kampus sendiri ITN Malang, mereka mengikuti Kejuaraan Rektor Cup Jujitsu ITN Malang pada Jumat-Sabtu (23-24/11). Mereka mendapatkan tiga juara, yakni juara tiga kelas amatir, juara tiga newaza, dan juara dua kelas amatir kategori berat badan bebas (> 80 kilogram).

Menyambut keaktifan UKM Jujitsu, pihak ITN rencananya akan menambah kelengkapan sarana UKM seperti matras untuk berlatih. Sekarang UKM Jujitsu sudah beranggotakan 29 mahasiswa, di mana ada satu anggota dari angkatan 2018. Mahasiswa ITN Malang dari segala angkatan bisa turut bergabung, karena UKM Jujitsu rutin berlatih setiap Rabu di kampus I dan Sabtu di kampus II.

Baca juga: Dojo Tuan Rumah Sumbang Juara pada Rektor Cup ITN Malang

Baca juga: Institut Jujitsu Indonesia (IJI) Malang Raya Sosialisasi Newaza di ITN Malang

Mengenal sedikit tentang jujitsu bisa juga disebut jujutsu, jiu jitsu. Adalah nama dari beberapa macam aliran bela diri khas Jepang yang lebih fokus pada gerak tipuan, kuncian, serta bantingan. Terdapat enam tingkatan sabuk untuk murid, yaitu putih (kyu VI), kuning, hijau, oranye, biru, dan cokelat (kyu I). Sementara itu, untuk pelatih dibagi menjadi sabuk hitam (dan I-V), merah putih (VI-VIII), dan merah (dan IX-X). Dalam pertandingan, peserta dikelompokkan sesuai jenis kelas dan rentang berat badan. (ata)

(Visited 62 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *