Auditor ISO 9001: 2008: Ada Kampus Negeri Tercecer Manajemennya Di Bawah ITN Malang

ITNMALANGNEWS.COM – Auditor International Organization for Standardization atau ISO 9001: 2008 mengapresiasi langkah Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang dalam melakukan sertifikasi. Karena memang sejauh ini manajemen merupakan elemen penting dari kemajuan suatu lembaga. “Masih ada kampus negeri yang tercecer Manajemennya di bawah ITN Malang. Karena itu sertifikasi ini merupakan langkah tepat ITN Malang jika ingin terus maju,” terang Gugup Sunarko, salah satu auditor ISO 9001: 2008 dalam acara pembukaan sertifikasi di ruang serbaguna kampus I, Senin (28/8).

Auditor ISO 9001 2008 Ada Kampus Negeri Tercecer Manajemennya Di Bawah ITN MalangGugup yang didampingi oleh dua auditor lainnya: Temter Ganda Pissa dan Rudy Wijaya menjelaskan bahwa pihak ditugasi untuk memastikan efektifitas manajeman ITN Malang. Untuk itu, dia bersama tim perlu melakukan beberapa hal sebagai metode, di antaranya: interview, verifikasi data dan kunjungan lapangan. “Dari apa yang kami dapat itu nantinya akan dibandingkan dengan persyaratan audit, apakah sesuai atau tidak. Kalau tidak maka perlu ditindak lanjuti agara terus membaik manajemennya,” kata dia.

Nanti jika hasilnya negatif, maka akan ada tiga bentuk catatan, yaitu major, minor, dan observasi. Major berarti ada manajemen yang dibangun tetapi sama sekali tidak dijalankan. Minor apabila tidak konsisten dalam menjalankan manajemen, nantinya akan ada format perbaikan. Sementara observasi biasanya tidak ada bukti gagal tetapi ada potensi untuk gagal. “Nah untuk observasi nanti hanya minta diperbaiki sendiri,” tutur dia. (her)

(Visited 74 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *